Selasa, 23 Agustus 2011

Demografi Asia

1. Ras

Penduduk Asia merupakan penduduk terbanyak di dunia, melebihi lima benua lainnya. Penduduk Asia terbagi menjadi:

a. Ras Mongoloid

Ras ini terbagi lagi menjadi dua sub-ras, yaitu:

Asiatic Mongoloid

Sub-ras ini memiliki ciri-ciri fisik seperti berambut hitam lurus, bermata sipit dan berkulit putih kekuningan. Sub-ras ini merupakan induk dari sub-ras Malayan Mongoloid dan American Mongoloid di Amerika. Persebarannya meliputi Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Mongolia, Siberia bagian Timur, Republik Rakyat Cina, Tibet, Nepal, Bhutan, Taiwan, Hong Kong, Macau, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.

Malayan Mongoloid

Sub-ras ini memiliki ciri-ciri fisik seperti berambut hitam lurus hingga bergelombang, bermata besar dan berkulit kuning langsat hingga kecoklatan. Persebarannya meliputi Negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Filipina.

b. Ras Kaukasoid

Ras ini memiiki ciri-ciri fisik seperti berkulit putih dan berbadan tinggi. Ras ini hampir menyerupai ras Europoid di Eropa namun hal yang memberikan perbedaan di antara dua jenis ras ini adalah warna rambutnya. Ras Kaukasoid memiliki rambut hitam (atau cokelat kehitaman) bergelombang sementara ras Europoid memiliki warna rambut pirang. Persebarannya meliputi India bagian utara, Pakistan, Afganistan, Tajikistan, Kirgiztan, Siberia bagian barat, Kazakstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Suriah, Irak, Libanon, Israel dan Palestina.

c. Ras Negroid

Ras ini berbeda dengan ras Negroid di Afrika. Perbedaannya berada pada tingkat kegelapan warna kulit. Negroid Asia berwarna kecoklatan sementara Negroid Afrika berwarna coklat hingga coklat tua. Tinggi tubuh mereka sedikit lebih pendek dari ras Kaukasoid. Penyebarannya meliputi Kuwait, Arab Saudi, Bahrain, Qatar, Persatuan Emirat Arab, Oman, Yaman, Maladewa, Sri Lanka, Bangladesh dan India bagian selatan.

2. Kependudukan

Wilayah Asia seluas 44.579.000 km2 ditempati oleh 3.879.000.000 orang. Hal ini membuat Asia memiliki kepadatan penduduk sebanyak 87 orang per kilometer persegi. Secara keseluruhan, semua penduduk Asia disebut ‘orang Asia’.

3. Agama

Ada banyak kebudayaan dan kepercayaan masyarakat Asia miliki dan hal ini menyebabkan munculnya agama dan aliran kepercayaan tertentu.

Agama yang dianut oleh bangsa-bangsa Asia adalah Budha (Mahayana (salah satu alirannya adalah Zen), Vajrayana dan Hinayana (di antaranya adalah Theravada)), Islam (Sunni, Syiah (Dua Belas Imam, Ismailiyah dan Sufisme), Ahmadiyah dan Ibadi), Kristen (Protestan, Anglipayan/Anglikan, Ortodoks (Gereja Ortodoks Timur, Gereja Ortodoks Oriental dan Gereja Timur Asiria), Lutheran, Apostolik (di antaranya Apostolik Armenia), Methodist, Pentakosta dan Antinomianisme), Katholik, Hindu (sebagian kecil alirannya adalah Tollotang dan Kaharingan).

Dan ada pula agama lain yang tidak terlalu banyak jumlahnya di Asia seperti Konghucu, Sikh, Tao, Shinto, Yahudi, Konfusianisme, Jainisme, Baha’i, Druze, Tenrikyo, Animisme (seperti aliran Songsarek, Marapu, Tengriisme, dan Shamanisme), Dinamisme, Sinkretisme (seperti Đạo Cao Đài, Gnostisisme (seperti Manikheisme, Kejawen (dibagi lagi menjadi Padepokan Cakrakembang, Sumarah, Budi Dharma dan Maneges)) dan Scientology) dan pandangan kepercayaan lainnya (seperti Agnostisisme, Burkhanisme, Lamaisme, Zoroastrianisme, Parmalim, Saksi-Saksi Yehuwa, Hermetisisme, Humanisme dan Atheisme).

Secara keseluruhan, Asia memiliki tujuh agama besar yang dianut oleh masyarakat Asia. Seperti Islam yang dianut oleh kebanyakan penduduk Asia Barat, Asia Tengah, Negara-negara Melayu (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dan sebagian Asia Selatan (Pakistan, Afghanistan, Bangladesh dan Maladewa). Kristen merupakan agama yang tidak mendominasi negara Asia mana pun namun menjadi agama yang tersebar ke seluruh pelosok negara Asia. Budha menjadi agama dominan di Asia Timur, sebagian Asia Selatan (Nepal, Bhutan dan Sri Lanka), dan sebagian Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Singapura dan Vietnam).

Lain lagi dengan Hindu yang hanya menjadi agama yang mendominasi di India saja. Dan Katholik yang mendominasi dua negara Asia Tenggara, yaitu Timor Leste dan Filipina. Dan Shinto yang menjadi agama dengan pengikut sekitar 4 juta orang di Jepang.

Yahudi yang menjadi agama dominan di Israel. Ada pula Tenrikyo di Jepang dan pengikutnya 2,75 juta orang. Dan Đạo Cao Đài yang dianut oleh 4 juta masyarakat Vietnam.

4. Ekonomi

Perekonomian penduduk Asia pada umumnya mengandalkan pertanian, perkebunan, hasil hutan, pertambangan, perindustrian dan jasa. Beberapa negara yang dapat mengandalkan hasil buminya hingga menjadi yang terkemuka di bidangnya adalah:

· Arab Saudi, penghasil minyak bumi terbanyak di dunia.

· Filipina, penghasil tali rami terbanyak di dunia.

· Korea Selatan, penghasil gingseng terbanyak di dunia.

· Malaysia, penghasil timah dan karet terbanyak di dunia.

· Jepang, penangkap ikan terbanyak sekaligus pengembang dunia industri terpesat di dunia.

· Republik Rakyat China, penghasil beras, tembakau, telur, daging, bijih besi, batu arang dan zinc terbanyak di dunia.

· Indonesia, penangkap hiu terbanyak di dunia.

5. Politik

Kependudukan bangsa-bangsa di Asia di negaranya masing-masing memiliki sistem pemerintahannya tersendiri, seperti:

· Monarki Konstitusional, seperti Jepang, Bhutan Thailand, Yordania, Persatuan

Emirat Arab, Kuwait, Qatar dan Bahrain.

· Monarki Konstitusi Federal, seperti Malaysia.

· Monarki Konstitusional demokratik, seperti Kamboja.

· Monarki Islam, seperti Arab Saudi, Oman dan Brunei Darussalam.

· Monarki Hindu, seperti Nepal.

· Republik Demokrasi, seperti Indonesia, Filipina dan Timor Leste.

· Republik Demokrasi Komunis, seperti Republik Rakyat Cina, Korea Utara dan

Laos.

· Republik Demokrasi Parlementer, seperti Israel.

· Republik Demokrasi Representatif, seperti Azerbaijan.

· Republik Demokrasi Multi Partai, seperti Taiwan, Sri Lanka dan Maladewa.

· Republik Konstitusional, seperti Turki.

· Republik Islam, seperti Iran, Afganistan dan Pakistan.

· Republik Parlementer, seperti Korea Selatan, Singapura, Bangladesh, Kazakstan,

Mongolia dan Kirgiztan.

· Republik Sosialis, seperti Vietnam dan Myanmar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar